PENGERTIAN E-COMMRSE B2B, B2C, C2C, dan C2B


Pengertian E-Commerse B2B, B2C, C2C, dan C2B

Hasil gambar untuk Pengertian E-Commerse B2B, B2C, C2C, dan C2B


1.      B2B ( Business to Business )
B2B adalah aktivitas transaksi bisnis secara elektronik antara pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya.B2B berkaitan dengan permintaan dan pengiriman proposal bisnis.B2B menggunakan sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar perusahaan dengan menggunakan aplikasi komputer dengan format standar yang telah disepakati yang disebut EDI ( Electronic Data Interchange ).

A. Karakteristik B2B sebagai berikut:
Ø Servis yang diberikan bersifat umum  (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web.
Ø Servis diberikan berdasarkan permohonan  (on demand). Konsumen melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
Ø Pendekatan  client/server  sering  digunakan  dimana  diambil  asumsi  (client consumer)  menggunakan  sistem  yang  minimal  (berbasis Web)  dan  processing (business procedure) diletakkan di sisi server.

B. Tujuan B2B sebagai berikut:

Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistem E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya

2.      B2C ( Business to Consumer )
            B2C atau merupakan kepanjangan dari Business to Consumer  adalah bentuk jual-beli produk atau 
            jasa yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis.
            Atau lebih tepatnya B2C adalah suatu aktivitas E-businesses dalam pelayanan secara langsung 
            kepada konsumen melalui barang atau jasa, yang dapat diistilahkan dengan transaksi pasar.

A.    Karakteristik :
·         Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan untuk umum.
·         Servis yang diberikan bersifat umum dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh banyak orang, contohnya: karena sistem WEB sering digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis WEB.
·         Servis diberikan berdasarkan permohonan .  dalam kondisi ini, customers memberikan suatu ide (inisiatif) dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
·         Transaksi sederhana


B.     Kelebihan dari B2C  sebagai berikut :
·         Konsumen dapat mempelajari produk yang ditawarkan yang telah dipublikasi pada media internet
·         Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
·         Meminta agar barang yang dipesan, dapat dikirimkan pada pihak yang terkait (delivery) yang tentunya dengan biaya yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. 
·         Harga yang diajukan masih bisa dinegosiasikan serta dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dikarenakan kita cukup mengakses suatu website tertentu. 
·         Media pembayaran yang digunakan berupa kartu kredit.

C.     Keuntungan (B2C) adalah:
·         Dapat melakukan pembelanjaan dengan mudah.
·         Memiliki banyak pilihan dan waktu utnuk menentukkan yang disukai.

D.    Kelemahan
·         Produk yang kita order tidak dapat kita lihat secara langsung dan kita teliti (periksa) lebih lanjut.
·         Produk yang kita lihat di website, terkadang tidak sesuai seperti aslinya. Maksudnya ada perbedaan bentuk, warna, ukuran dan lain sebagainya

3.      C2C ( Consumer to Consumer )
C2C merupakan aktivitas bisnis (penjualan) yang dilakukan oleh individu (konsumen) kepada individu (konsumen) lainnya.C2C dapat dilakukan secara langsung karena banyaknya fasilitas yang memungkinkan hal tersebut.Ada beberapa fasilitas yang digunakan untuk aktivitas C2C,yaitu ebay,tokobagus.com dan kaskus.
A.   Karakteristik C2C adalah:
·         Pada lingkup konsumen ke konsumen bersifat khusus karena transaksi yang dilakukan hanya antar konsumen saja, seperti Lelang Barang.
·         Internet dijadikan sebagai sarana tukar menukar informasi tentang produk, harga, kualitas dan pelayanannya.
·         Konsumen juga membentuk komunitas pengguna atau penggemar suatu produk. Sehingga jika ada ketidak puasan suatu produk, maka akan segera tersebar luas melalui komunitas tersebut.

B.   Keuntungan  
·         Tidak mengeluarkan dana tambahan
·  Toko Online akan otomatis terdaftar di direktori BlogSpot & WordPress sehingga kemungkinan toko online anda ditemui oleh Blogger (sebutan untuk pengguna media blog) lain cukup tinggi
·       Tampilan online shop dapat dibuat cukup menarik dengan HTML dan CSS asalkan mampu menggunakannya.

C.   Kelemahan
·    Ketidak populeran media ini di Indonesia membuat banyak orang tidak mencari secara sengaja keberadaan suatu toko online di direktori blogspot dan wordpress.
·    Jika kurang dapat menguasai bahasa HTML dan CSS, tampilan toko online akan sangat standar dan kurang menarik dibandingkan menggunakan media lainnya.
·     Kurang nya keprofesionalan dan keyakinan pembeli apabila mereka melakukan pembelian yang pertama kali

4.      C2B ( Consumer to Business )
C2B merupakan model bisnis di mana konsumen (individu) menciptakan dan membentuk nilai akan suatu produk dan perusahaan menggunakan nilai ini.C2B melihat ide konsumen sebagai suatu input bagi produsen dalam melakukan produksi.

5.      B2G ( Business to Government )
B2G merupakan turunan dari B2B dalam ilmu pemasaran dan dikenal sebagai pemasaran sektor publik yang mencakup pemasaran produk-produk dan jasa untuk instansi pemerintah melalui teknik komunikasi pemasaran terpadu seperti branding,marcom,iklan dan komunikasi
berbasis web.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERUSAHAAN YANG BERALIH KE E-BISNIS

pengertian SCM