PENGERTIAN E-COMMRSE B2B, B2C, C2C, dan C2B
Pengertian E-Commerse
B2B, B2C, C2C, dan C2B
1.
B2B (
Business to Business )
B2B adalah aktivitas transaksi
bisnis secara elektronik antara pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya.B2B
berkaitan dengan permintaan dan pengiriman proposal bisnis.B2B menggunakan
sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar perusahaan dengan menggunakan aplikasi
komputer dengan format standar yang telah disepakati yang disebut EDI (
Electronic Data Interchange ).
A. Karakteristik B2B sebagai berikut:
Ø Servis yang diberikan bersifat
umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai.
Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan
dengan menggunakan basis Web.
Ø Servis diberikan berdasarkan
permohonan (on demand). Konsumen melakukan inisiatif dan produser harus
siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
Ø Pendekatan client/server
sering digunakan dimana diambil asumsi (client
consumer) menggunakan sistem yang minimal
(berbasis Web) dan processing (business procedure) diletakkan di
sisi server.
B. Tujuan B2B sebagai berikut:
Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistem E-Commerce
adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan
efektif dalam meningkatkan keuntungannya
2.
B2C (
Business to Consumer )
B2C atau merupakan
kepanjangan dari Business to Consumer adalah bentuk jual-beli produk atau
jasa yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan
secara elektronis.
Atau lebih tepatnya B2C adalah suatu aktivitas E-businesses dalam
pelayanan secara langsung
kepada konsumen melalui barang atau jasa, yang dapat
diistilahkan dengan transaksi pasar.
A. Karakteristik :
·
Terbuka
untuk umum, dimana informasi disebarkan untuk umum.
·
Servis yang
diberikan bersifat umum dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh banyak
orang, contohnya: karena sistem WEB sering digunakan maka servis diberikan
dengan menggunakan basis WEB.
·
Servis
diberikan berdasarkan permohonan . dalam kondisi ini, customers
memberikan suatu ide (inisiatif) dan produser harus siap memberikan respon
sesuai dengan permohonan.
·
Transaksi
sederhana
B. Kelebihan dari B2C sebagai berikut :
·
Konsumen
dapat mempelajari produk yang ditawarkan yang telah dipublikasi pada media
internet
·
Membeli
dengan electronic cash & sistem secure payment
·
Meminta agar
barang yang dipesan, dapat dikirimkan pada pihak yang terkait (delivery) yang
tentunya dengan biaya yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.
·
Harga yang
diajukan masih bisa dinegosiasikan serta dapat dilakukan dengan mudah dan cepat
dikarenakan kita cukup mengakses suatu website tertentu.
·
Media
pembayaran yang digunakan berupa kartu kredit.
C. Keuntungan (B2C) adalah:
·
Dapat
melakukan pembelanjaan dengan mudah.
·
Memiliki
banyak pilihan dan waktu utnuk menentukkan yang disukai.
D. Kelemahan
·
Produk yang
kita order tidak dapat kita lihat secara langsung dan kita teliti (periksa)
lebih lanjut.
·
Produk yang
kita lihat di website, terkadang tidak sesuai seperti aslinya. Maksudnya ada
perbedaan bentuk, warna, ukuran dan lain sebagainya
3.
C2C (
Consumer to Consumer )
C2C merupakan aktivitas bisnis
(penjualan) yang dilakukan oleh individu (konsumen) kepada individu (konsumen)
lainnya.C2C dapat dilakukan secara langsung karena banyaknya fasilitas yang
memungkinkan hal tersebut.Ada beberapa fasilitas yang digunakan untuk aktivitas
C2C,yaitu ebay,tokobagus.com dan kaskus.
A. Karakteristik C2C adalah:
·
Pada lingkup
konsumen ke konsumen bersifat khusus karena transaksi yang dilakukan hanya
antar konsumen saja, seperti Lelang Barang.
·
Internet
dijadikan sebagai sarana tukar menukar informasi tentang produk, harga,
kualitas dan pelayanannya.
·
Konsumen
juga membentuk komunitas pengguna atau penggemar suatu produk. Sehingga jika
ada ketidak puasan suatu produk, maka akan segera tersebar luas melalui
komunitas tersebut.
B.
Keuntungan
·
Tidak
mengeluarkan dana tambahan
· Toko Online
akan otomatis terdaftar di direktori BlogSpot & WordPress sehingga
kemungkinan toko online anda ditemui oleh Blogger (sebutan untuk pengguna media
blog) lain cukup tinggi
· Tampilan
online shop dapat dibuat cukup menarik dengan HTML dan CSS asalkan mampu menggunakannya.
C.
Kelemahan
· Ketidak
populeran media ini di Indonesia membuat banyak orang tidak mencari secara
sengaja keberadaan suatu toko online di direktori blogspot dan wordpress.
· Jika kurang
dapat menguasai bahasa HTML dan CSS, tampilan toko online akan sangat standar
dan kurang menarik dibandingkan menggunakan media lainnya.
· Kurang nya
keprofesionalan dan keyakinan pembeli apabila mereka melakukan pembelian yang
pertama kali
4.
C2B (
Consumer to Business )
C2B merupakan model bisnis di
mana konsumen (individu) menciptakan dan membentuk nilai akan suatu produk dan
perusahaan menggunakan nilai ini.C2B melihat ide konsumen sebagai suatu input
bagi produsen dalam melakukan produksi.
5.
B2G (
Business to Government )
B2G merupakan turunan dari B2B
dalam ilmu pemasaran dan dikenal sebagai pemasaran sektor publik yang mencakup
pemasaran produk-produk dan jasa untuk instansi pemerintah melalui teknik
komunikasi pemasaran terpadu seperti branding,marcom,iklan dan komunikasi
berbasis web.
berbasis web.
Komentar
Posting Komentar